SEKILAS INFO
24-05-2018
  • 7 bulan yang lalu / PSB tahun ajaran 2018/2019 mulai 05 Oktober 2017
  • 7 bulan yang lalu / Pendaftaran Siswa Baru SMP Islam Annaba dan SMA Islam Annaba (Boarding School)
3
Okt 2017
0
Bercanda Dalam Urusan Agama

Salah satu materi yang disampaikan dalam kajian jum’at sore kali ini (17/6)  adalah bahayanya bercanda dalam hal yg berkaitan dengan syariat Allah.

Abdullah bin ‘Umar rodhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan, pada saat perang tabuk ada seseorang yang berkata dengan nada mencemooh, “Aku tidak pernah melihat orang yang perutnya lebih besar (rakus terhadap makanan), lebih suka berbohong serta pengecut ketika bertemu musuh dalam perang dari pada ahli qiro’ah kami.
#yang di maksud orang tsb. adalah Nabi shollallahu ‘alaihi was sallam dan para sahabatnya rodhiyallahu ‘anhum.

Maka berkatalah ‘Auf bin Malik rodhiyallahu ‘anhu, “Engkau telah berdusta bahkan engkau adalah orang munafik, sungguh akan aku beritahukan hal ini kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi was sallam”.

Maka Auf pun pergi untuk menemui Nabi shollallahu ‘alaihi was sallam namun ternyata Al Qur’an telah mendahuluinya, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab, “Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja”.
Katakanlah, “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kalian berolok-olok?” “Tidak usah kalian minta maaf, karena kalian telah kafir sesudah beriman”. (QS : At Taubah [9] : 65-66).

Abdullah bin ‘Umar rodhiyallahu ‘anhuma mengatakan, “Sesungguhnya kami melihat orang tersebut terseret-seret sambil memegang pelana unta Nabi shollallahu ‘alaihi was sallam dan batu-batu melukainya seraya mengatakan, “Wahai Rosulullah sesungguhnya hal itu kami lakukan hanya untuk berbincang-bincang sekedar bergurau di perjalanan dan kami tidaklah bermaksud mengejek atau mengolok-olok”.

Dan Nabi shollallahu ‘alaihi was sallam tidaklah menghiraukan orang tersebut dan tidak berkata lagi padanya.

#Contoh Sering kita mendengar orang memberikan istilah-istilah tertentu thd orang yg mengamalkan syariat seperti laki2 yg membiarkan jenggot, berpakaian diatas mata kaki atau perempuan yg memakai niqab/cadar, meski hanya untuk bersenda gurau bisa-bisa hal tersebut menjatuhkan seseorang dalam kekufuran.

Pengunjung

Kategori

Agenda

1 Juni
waktu : 07.00

Libur Idul Fitri 1439 H

2 Juni
waktu : 07.00

Pembagian Raport

9 Juli